Tindak Lanjut Surat Edaran Bupati Banyumas

 

Sebagai implementasi dari surat edaran Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Banyumas , pemerintah desa gerduren dan semua instansi maupun komunitas yang ada di desa gerduren menindaklanjutinya dengan mensosialisasikan ke seluruh masyarakat gerduren untuk pencegahan dini berkaitan dengan virus corona tersebut ( 16-3-2020 )

Seperti yang dilakukan oleh pemerintahan Desa Gerduren dalam rangka pencegahan yaitu dengan menutup sementara salah satu objek wisata yang berada di kawasan desa gerduren . Kepala Desa Gerduren berharap ” Dengan sosialisasi dan langkah konkrit penutupan sementara objek vital yang menjadi tempat berkerumunnya masyarakat akan meminimalisir penyebaran virus. Langkah antisipatif lebih baik daripada membiarkan sesuatu yang memang secara penyebaran sulit untuk di deteksi “.

Terlihat juga oleh pantauan penulis di semua instansi pendidikan di desa Gerduren meliburkan semua muridnya untuk belajar di rumah. Kegiatan libur ini bukan semata-mata bebas dari pembelajaran tapi anak didik harus belajar di rumah ,apalagi untuk siswa kelas VI yang memang sebentar lagi akan melaksanakan ujian sekolah.

Di tempat vital lainnya juga nampak mematuhi surat edaran tersebut,seperti yang nampak di salah satu tempat wisata pertapan gerduren. Di tempat wisata itu pun kelihatan sunyi karna beberapa aktifitas pariwisata yang biasanya terlihat nampak sepi. Ketua Pokdarwis Pesona Gerduren sebagai pengelola destinasi wisata pertapan mengatakan ” penutupan sementara objek wisata ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap instruksi pemerintah yang bertujuan untuk kebaikan bersama. Kita sebagai pengelola turut serta untuk meminimalisir penyebaran virus ini , semua ini kita lakukan untuk kebaikan masyarakat gerduren dan masyarakat lainnya “.

Pemerintah Desa Gerduren akan menjadi garda terdepan dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah desa Gerduren. Sosialisasi formal maupun informal terus dilakukan agar masyarakat teredukasi yang nantinya akan saling menjaga untuk tidak terjangkit virus ini.

“ini merupakan tugas bersama semua komponen masyarakat yang ada di desa gerduren ,semua ini untuk kebaikan diri kita dan keluarga serta seluruh masyarakat gerduren. Semoga langkah-langkah preventif kami memberikan sesuatu yang terbaik buat masyarakat gerduren, imbuh Kepala Desa Gerduren Bambang Suharsono”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *