Produk lokal gerduren

Salah satu yang menarik dari desa gerduren adalah produk kerajinan dan makanan lokal yang dibuat oleh tangan-tangan asli masyarakat gerduren. Mulai dari produk kerajinan besi, kerajinan bambu, kerajinan kayu,kerajinan dari kain perca dan kerajinan dari sampah berupa ecobrick. Selain produk kerajinan, di desa gerduren juga masyarakatnya ahli dalam membuat olah makanan dari bahan dasar yang melimpah ruah di desa gerduren. Salah satu yang saat ini gencar dilakukan pengembangan produk yaitu berupa pembuatan produk makanan keripik. Ada dua ( 2 ) jenis keripik yang saat ini dikembangkan oleh ibu-ibu kader PKK desa Gerduren yaitu keripik yang berasal dari bahan pare dan keripik yang berasal dari bahan terong. Keripik pare dan terong ini nantinya diharapkan akan menjadi ikon makanan desa gerduren. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa Gerduren Bapak Bambang Suharsono ” bahwa pembuatan produk keripik yang dimotori oleh kader-kader PKK desa Gerduren ini nantinya bisa menjadi terobosan peningkatan perekonomian masyarakat yang bisa dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan keluarga. Selain itu juga keripik ini bisa menjadi ikon desa gerduren yang bisa menjadi salah satu produk unggulan desa”. Hal yang Hampir serupa juga disampaikan oleh beberapa ibu-ibu kader PKK Desa Gerduren yang saat ini menggeluti pengembangan keripik tersebut ” produk keripik ini nantinya bisa mendongkrak pemasukan finansial rumah tangga kami, sehingga dari hasil yang diperoleh bisa meningkatkan kesejahteraan kami dan pada umumnya masyarakat gerduren”.

 

Lebih dari sekedar itu, Bapak Kepala Desa Gerduren mengimbuhkan bahwa ketika kedepannya usaha keripik ini bisa besar maka diharapkan usaha ekonomi kerakyatan ini akan menciptakan lapangan pekerjaan di desa Gerduren dan menurunkan tingkat angka kemiskinan yang ada di desa. Pemerintah Desa Gerduren akan sekuat tenaga mengembangkan semua potensi yang ada di desa Gerduren untuk kesejahteraan seluruh komponen masyarakat.

Pemerintah Desa gerduren sudah melakukan usaha untuk pemenuhan alat produksi, pelatihan,pendampingan dan membuka jaringan marketing sebagai wujud keseriusan dalam pengembangan usaha keripik ini. Sekarang ini tinggal bagaimana para pelaku pengembangan produk ini berusaha agar produksi keripiknya stabil dalam rasa dan bisa bersaing dengan produk serupa lainnya.

Produk keripik Desa gerduren dalam acara rakor PKK kab Banyumas di balai desa purwojati ( 11-3-2020 )

Komitmen pemerintah desa Gerduren dalam mengembangkan usaha ekonomi produktif masyarakat harus mendapat apresiasi yang tinggi dari para pelaku usaha keripik ini dengan memberikan sebuah penghargaan berupa menjadikan produk keripik ini menjadi salah satu makanan yang bisa membawa harum nama desa Gerduren di kancah lokal maupun nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *