Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata oleh DINPORABUDPAR Kabupaten Banyumas

Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata (13-18/7/2020)

Sebagai langkah konkrit dari Dinas Pemuda,Olahraga,Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas dalam upaya pembinaan, pendampingan, peningkatan kecakapan dan wawasan Bidang Kepariwisataan bagi Kelompok Sadar Wisata atau pengelola Desa Wisata Di Kabupaten Banyumas pada tanggal 13 sampai dengan 15 Juli 2020 yang bertempat di Hotel Dominic Purwokerto dilaksanakan kegiatan Pelatihan Kepariwisataan dengan Tema Tata Kelola Destinasi Wisata. Pelatihan ini diikuti oleh 12 Desa Wisata di Kabupaten Banyumas. Sedangkan Pembicara dalam pelatihan ini terdiri dari pakar yang sesuai dengan keilmuan maupun profesinya.
Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Banyumas Dan Kepala Dinas Pemuda,Olahraga,Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas.
Wakil Bupati Kabupaten Banyumas dalam sambutannya mengatakan ” Kemajuan pengelolaan Desa Wisata ditentukan oleh pengelolaan yang baik dengan memperhatikan aspek kesolidan pengelola Desa Wisata, kreatifas dari pengelola untuk mengemas sebuah atraksi yang berkesan dan memikat sehingga menjadi sebuah kenangan yang selalu diingat oleh pengunjung, menyiapkan dan membuat sebuah inovasi daya dukung dari Desa wisata itu sendiri”.

Sambutan Wakil Bupati Kabupaten Banyumas

Sementara Kepala Dinas Pemuda,Olahraga,Kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Banyumas berharap “Bahwa pelatihan ini nantinya akan menciptakan pengelola Desa Wisata yang tangguh dan tanggap terhadap perkembangan pariwisata.Pelatihan ini diharapkan sebagai media bagi perwakilan dari Desa Wisata yang mengikuti kegiatan sebagai ilmu yang nantinya bisa dikembangkan di tiap destinasi wisata di Desa Wisata masing-masing peserta”.
Adapun materi yang disampaikan oleh masing-masing pembicara pelatihan Tata kelola Destinasi Wisata diantaranya “Menggali potensi dan daya tarik wisata,Pemetaan potensi Desa Wisata,Manajemen kelembagaan,Strategi mengemas paket desa wisata,Penggunaan transaksi digital pada desa wisata,Tantangan Pemerintah Desa dalam pengembangan Desa Wisata,Pemasaran dan strategi marketing.
Selain materi yang disampaikan oleh pembicara, dalam pelatihan itu juga diadakan presentasi oleh perwakilan peserta dari tiap Desa Wisata, Diskusi Informal, Review Materi dan pembuatan Rencana Kerja Tindak Lanjut dari hasil pelatihan.

Kasi Pengembangan SDM Dinporabudpar Kabupaten Banyumas

Pada pelatihan ini , Pemerintah Desa Gerduren mengirimkan 3 perwakilan dari pengelola Desa Wisata. Pemerintah Desa sangat mendukung kegiatan kepariwisataan yang ada di Desa Gerduren. Kepala Desa Gerduren Bambang Suharsono menyampaikan ” Sebagai Wujud kepedulian,komitmen dan dukungan penuh Pemerintah Desa Gerduren dalam bidang kepariwisataan di Desa Gerduren kami akan selalu melibatkan pengelola destinasi wisata yang berada di Desa Gerduren untuk selalu mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinporabudpar Kabupaten Banyumas sehingga pengetahuan dari para pengelola destinasi wisata di Desa Gerduren akan semakin bertambah ilmu dan pengetahuan tentang wisata sehingga nantinya akan memberikan dampak positif terhadap pengunjung di Destinasi Wisata. Pemerintah Gerduren akan selalu bersama dengan Pengelola destinasi wisata Desa Gerduren untuk membesarkan kepariwisataan dalam upaya memberikan dampak positif terhadap masyarakat Desa Gerduren baik secara sosial budaya maupun ekonomi sehingga akan terwujud Desa wisata Gerduren yang Maju,Mandiri dan Sejahtera. Dukungan penuh dari Pemerintah Desa Gerduren terhadap perkembangan wisata di Desa Gerduren juga dibuktikan dengan dimasukannya bidang kepariwisataan dalam RKJMDes Gerduren yang dijadikan sebagai acuan untuk menyusun,merencanakan dan melaksanakan Rencana Strategis Bidang Kepariwisataan di Desa Gerduren kedepannya”Pungkas Beliau.
Sementara Suyanto yang menjadi Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Gerduren dan mewakili dalam pelatihan ini sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Dinporabudpar Kabupaten Banyumas dan Pemerintah Desa Gerduren yang sudah memberikan kesempatan belajar dalam pelatihan ini sehingga materi yang didapatkan bisa digunakan untuk membesarkan Desa Wisata Gerduren.
Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata merupakan wujud pengembangan dan peningkatan Sumber Daya Manusia di Desa Wisata yang disiapkan untuk mewujudkan Desa Wisata yang bisa menggabungkan aspek utama wisata mulai dari penguatan keorganisasian atau ancilliary, atraksi, amenitas, aksesibilitas dan tentunya selalu menjaga Sapta Pesona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.