Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Gerduren Tahun 2020

Musrenbangdes Gerduren Tahun 2020

 

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Tahun 2020 untuk penetapan RKPDes Tahun 2021 dan usulan RKPDes Tahun 2022 telah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Gerduren Kecamatan Purwojati pada hari Selasa ( 15/9/2020 ) yang bertempat di Aula Balai Desa Gerduren.

Musrenbangdes dihadiri Pemerintah Desa Gerduren,BPD,LPMD,KPMD,PKK,KPM,Kepala Dusun,RW,RT,Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama di Desa Gerduren.

  1. Musrenbangdes sebagai sarana penyaluran gagasan pembangunan dari tiap RT di wilayah Pemerintah Desa Gerduren juga dihadiri oleh Instansi Kecamatan Purwojati dan Pendamping Desa Kecamatan Purwojati.
    Musrenbangdes yang dilaksanakan di tengah mewabahnya pandemi Corona ini berlangsung dengan prosedur protokol kesehatan yang sangat ketat.

Musrenbangdes sendiri merupakan wadah untuk bermusyawarah dalam menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan dengan berpedoman kepada RPJMDes untuk jangka waktu 6 (enam) tahun. Pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan Desa dilakukan secara partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel.

Dalam acara Musrenbangdes Tahun 2020 di Desa Gerduren, Kepala Desa Gerduren Bambang Suharsono dalam kata pengantarnya mengatakan ” Realisasi dari pembangunan di semua sektor yang ada di Desa Gerduren didasarkan pada musyawarah dan kesepakatan bersama secara berjenjang yang dilakukan mulai dari tingkatan Musyawarah Dusun di tiap wilayah di Desa Gerduren. Karena pada tahun 2020 banyak perencanaan pembangunan tertunda yang disebabkan oleh mewabahnya virus Corona sehingga usulan 2020 ditetapkan sebagai draft RKPDes 2021 dengan menimbang skala prioritas pembangunan.”

Hasil dari musrenbangdes 2020 menjadi pedoman bagi pemerintah Desa Gerduren untuk menyusun rancangan RKPDesa atau Rencana Kerja Pemerintah Desa dan daftar usulan RKPDes 2021 serta hasil dari Musrenbangdes 2020 Desa Gerduren akan dibawa ke Musrenbangkec Purwojati oleh tim utusan dari Desa Gerduren sebanyak 6 ( enam ) orang yang terdiri dari komponen Pemerintah Desa, Lembaga Desa Dan Tokoh Masyarakat .

Tim utusan Desa Gerduren ini yang akan memaparkan persoalan daerah yang ada di Desa Gerduren pada forum Musrenbang Kecamatan untuk penyusunan program Pemerintah Daerah tahun berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.