Musyawarah Khusus Penerimaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Sambutan Kepala Desa Gerduren berkaitan dengan Verifikasi dan Validasi Data serta penyusunan skema bantuan BLT DD

Hari ini , senin (27/7/2020) bertempat di Aula Balai Desa Gerduren diadakan musyawarah khusus dalam rangka verifikasi dan validasi data berkaitan dengan penerima Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) yang didasarkan pada kebijakan baru dari pemerintah pusat.
Perubahan itu tercantum dalam PMK Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas PMK Nomor 205 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Dana Desa. Salah satu poin krusialnya berkaitan dengan penyaluran BLT Dana Desa.Sebelumnya, penyaluran BLT DD didasarkan pada PMK Nomor 40 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PMK Nomor 205 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.


Sehingga Menyikapi hal tersebut diatas, hari ini diadakan sebuah musyawarah khusus untuk membahas tentang regulasi danĀ  merumuskan skema penerimaan maupun penyaluran bantuan berkaitan dengan BLT DD ini.
Dalam acara ini hadir dari perwakilan kecamatan Purwojati yang membidangi , Kepala Desa Gerduren , pemangku kepentingan di tiap wilayah Desa Gerduren serta lembaga Desa gerduren.
Pada kesempatan itu, Kepala Desa Gerduren memberikan sambutan berkaitan dengan musyawarah desa ini. Beberapa point yang disampaikan Kepala Desa Gerduren Bambang Suharsono dalam sambutannya “Musyawarah Desa yang bersifat insidentil ini diselenggarakan dalam rangka membahas kebijakan pemerintah pusat yang menyangkut tentang bantuan langsung tunai sebagai efek dari mewabahnya covid-19. Musyawarah ini perlu dilakukan dengan mengundang semua komponen pemangku kebijakan di Desa Gerduren agar verifikasi dan validasi data yang tersaji nanti akurat sehingga bantuan itu akan tepat sasaran dan tidak ada penerima yang nantinya rangkap nama. Ini sebagai bentuk itikad kami memberikan pelayanan yang semaksimal mungkin kepada masyarakat gerduren dalam penyaluran bantuan covid-19”.
Semua yang berkaitan dengan regulasi dan penyaluran bantuan covid-19 pada prinsipnya adalah desa sebagai perantara dari kebijakan pemerintahan yang ada.
“Kami akan selalu memberikan yang terbaik buat masyarakat Desa Gerduren, kalaupun nantinya ada sesuatu yang kurang jelas silakan kami membuka pintu selebar-lebarnya buat masyarakat desa Gerduren untuk datang ke kantor balai desa Gerduren dan berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa Gerduren ” tutup Kepala Desa Gerduren Bambang Suharsono dalam sambutannya.
Regulasi dari Pemerintah Pusat ini mengatur berkaitan dengan jangka waktu penerima bantuan covid-19. Diharapkan dengan bantuan ini, akan meringankan beban masyarakat sebagai imbas dari mewabahnya covid-19.
Untuk mengantisipasi makin merebaknya covid-19 ini kita semua harus membiasakan pola hidup bersih dan sehat, selalu pakai masker dan rajin cuci tangan serta tidak lupa kita juga harus selalu berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Covid-19 tingkat desa untuk mempercepat penanganan covid-19 ini secara bersama-sama oleh semua masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.