Menapak Jejak Kepala Desa Gerduren Dalam Bidang Pariwisata Desa Gerduren

Kepala Desa Gerduren dan Tim Pendamping Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas

Predikat sebagai desa wisata berkembang membawa dampak positif bagi Desa gerduren Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Perjuangan panjang Kepala Desa Gerduren Bambang Suharsono dalam merencanakan dan implementasikan ide-ide cemerlangnya membuahkan sebuah hasil yang maksimal. Hasil itu diantaranya adalah terbangunnya sebuah destinasi wisata indah di Desa Gerduren.
Di masa kepemimpinan beliau yang kedua kalinya ini , banyak berbagai program baik jangka pendek, Jangka menengah dan jangka panjang yang semuanya terangkum dan tertuang dalam RPJMDes. Salah satu program kerja yang sekarang sedang dikerjakan dengan sangat serius oleh Kepala Desa Gerduren adalah penguatan bidang pariwisata desa gerduren khususnya pengembangan destinasi wisata yang berbasis kearifan lokal. Pariwisata yang mempertimbangkan sektor pengembangan bidang lainnya yang berdampak pada kemakmuran masyarakat baik secara ekonomi maupun secara peningkatan indeks kebahagiaan masyarakat Gerduren.
Pola pikir dan basic Sosial budaya masyarakat desa gerduren yang maju membuat Desa gerduren mudah dikenal karena potensi yang ada baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Pembangunan manusia seutuhnya baik berupa pembangunan infrastruktur maupun pembangunan yang berupa penguatan bidang sosial dan budaya masyarakat menjadi target dari pembangunan terukur 5 tahun kedepan dari desa gerduren.
Realita kinerja Kepala Desa Gerduren di lapangan sudah nampak jelas sekali salah satunya adalah berupa penguatan kepariwisataan di desa gerduren berupa bukti telah terbangunnya salah satu destinasi wisata dan adanya legalitas dari Dinas pariwisata kabupaten banyumas yang memberikan sebuah pengakuan tertulis berupa predikat desa gerduren sebagai salah satu desa wisata di kabupaten Banyumas.

Hal ini mendorong Kepala Desa gerduren Bambang Suharsono lebih masif lagi menguatkan destinasi wisata pertapan menjadi lebih baik . Langkah sigap dari Kepala Desa gerduren ditindaklanjuti oleh pengurus kelompok sadar wisata pesona gerduren dengan langkah konkrit berupa penguatan keorganisasian, perencanaan tata ruang wisata dan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas.
Dinas pariwisata kabupaten Banyumas menangkap gejala positif perkembangan dari pemerintah Desa Gerduren dan Pokdarwis Peson Gerduren dengan selalu memberikan masukan, saran dan kritik membangun untuk menciptakan iklim pariwisata di desa gerduren lebih maju lagi. Dinas pariwisata kabupaten banyumas selalu melibatkan Pokdarwis pesona gerduren dalam setiap pelatihan, rapat koordinasi dan pendampingan intensif pengembangan potensi wisata di desa gerduren.
Pada hari jumat ( 03/07/2020 ) perwakilan Dari Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas yang dimotori oleh Bapak Bahrudin melakukan kunjungan kerja ke kantor Desa Gerduren untuk bertemu dengan Kepala Desa Gerduren dan Pokdarwis Pesona Gerduren. Perwakilan yang terdiri dari 4 orang ini langsung disambut hangat oleh Kepala Desa Gerduren dan Ketua Pokdarwis pesona gerduren. Acara yang berlangsung beberapa jam ini begitu hangat dan familiar. Sesekali diiringi oleh gelak tawa dari mereka semua. Dalam acara kunjungan kerja dan silaturahmi itu ada banyak hal yang dibahas. Mulai dari mapping potensi, pengembangan potensi dan plan of action dari pengembangan potensi itu . Pertemuan ini adalah langkah awal dari pendampingan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata selama kurang lebih 5 bulan kedepan di Desa Gerduren. Pengembangan berupa potensi budaya dan potensi wisata lainnya menjadi target dari pengembangan yang dilakukan Pemerintah Desa Gerduren dan Dinas Pariwisata Kabuoaten Banyumas.
Setelah pertemuan dengan Kepala Desa Gerduren , tim dari Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas mengunjungi salah satu destinasi kebanggaan masyarakat Gerduren yaitu Wisata Pertapan Gerduren. Di tempat ini tim disambut oleh pengurus Pokdarwis Pesona Gerduren dengan sapta pesona. Obrolan ringan mengiringi pertemuan tim dan pengurus Pokdarwis. Dalam pertemuan itu juga tim disambut dengan jamuan makanan khas desa gerduren. Makanan khas yang menjunjung tinggi kearifan lokal tersaji disitu. Mulai dari gesret, gembus , nasi goreng oyek, mendoan dan makanan lainnya. Suasana yang sangat akrab sekali hadir disitu.


Menutup acara kunjungan dari tim Dinas Pariwisata di desa Gerduren diakhiri dengan foto bersama dengan pengurus pokdarwis pesona gerduren.
Kegigihan dan keseriusan Kepala Desa Gerduren untuk mengembangkan pariwisata di desa gerduren pantas mendapatkan apresiasi. Atas peranan dari beliau bidang pariwisata di desa Gerduren masuk dalam RPJMDes Gerduren yang secara legalisasi akan berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata di desa Gerduren kedepannya. Ritme yang sudah terbangun dan sangat dinamis antara Pemerintah Desa Gerduren , Dinas Pariwisata Kabupaten banyumas , Pokdarwis Pesona Gerduren , stakeholder dan seluruh masyarakat di Desa Gerduren harus tetap lestari dan terbangun sinergitas jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.