Kegiatan Posyandu Desa Gerduren

 

Cuci Tangan Balita Di Kegiatan Posyandu Desa Gerduren Sebagai Antisipasi Cegah Covid-19

Saat ini kita memasuki status Kembali Normal, semua kegiatan harus menerapkan prosedur tetap kesehatan. Tak terkecuali kegiatan kesehatan anak seperti pemeriksaan dan penimbangan balita di Desa Gerduren. Pada saat kegiatan itu, seluruh kader posyandu, orangtua balita maupun Balita harus mendapat pantauan dan pemeriksaan kesehatan tetap berupa penerapan prosedur tetap (Protap) pencegahan Covid-19.

Kegiatan posyandu ini adalah kegiatan rutinan secara berkala yang dilakukan secara bergilir di tiap wilayah Rukun Warga ( RW ) yang berada di Desa Gerduren. Kegiatan ini sangat ketat menerapkan protap cegah covid-19. Mulai dari pemakaian masker, cuci tangan dan lainnya.

Sebelum pelaksanaan pemeriksaan dan penimbangan balita, semua orang yang terlibat dalam kegiatan ini wajib melakukan langkah sterilisasi baik berupa sterilisasi anggota badan maupun tempat yang dijadikan sebagai pusat kegiatan. Kegiatan ini dimulai dari Bidan Desa gerduren, kader posyandu, orang tua maupun balitanya melakukan cuci tangan menggunakan sabun.

“Protap Kembali Normal dalam kegiatan posyandu sebagai langkah antisipatif cegah Covid-19. Semua ini dilakukan untuk kebaikan kita bersama, sehingga kita akan terhindar dari penyebaran virus ini” menurut Bidan Desa Gerduren Wiwin Setyasih.

Bukan hanya melakukan cuci tangan saja, Orangtua balita juga harus melakukan antrian untuk pemeriksaan dan cek suhu tubuh di tempat yang telah disiapkan. Dalam menunggu giliran mereka juga diwajibkan jaga jarak dengan batasan minimal satu meter.

Bidan Desa dan kader posyandu yang terdiri dari ibu–ibu tim penggerak PKK Desa Gerduren juga rutin menyampaikan tentang Protap kesehatan pelaksanaan kegiatan saat New Normal.

” Tugas baru bagi kita dan kader posyandu dalam setiap pelaksanaan Posyandu harus memberikan arahan terhadap orang tua Balita untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.” Lanjut Wiwin Setyasih.

Semua hal yang dilakukan saat new normal ini sebagai langkah kita semua untuk pemutusan mata rantai Covid-19 khususnya di Desa Gerduren.

Setelah melakukan langkah protap kesehatan kemudian dilanjutkan kegiatan rutin seperti pemeriksaan balita, ukur badan, penimbangan dan kegiatan lainnya. Satu persatu semua balita yang ikut kegiatan posyandu selesai ditimbang oleh Bidan Desa dan Kader Posyandu sehingga kegiatan posyandu hari ini telah selesai dilanjutkan dengan kegiatan administrasi dan ramah tamah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.